Minggu, 19 Juli 2009

Perbedaan Alophati, Homeopathy, dan Mistis

oleh Lasih Drianingsih

Dunia pengobatan dibagi menjadi dua :

1. Alopathi

Yang diwakili oleh pengobatan konvensional

Sistem kedokteran barat mengalami kemajuan dengan pesat dengan didukung berbagai penemuan teknologi batru dalam diagnosis maupun teknologi farmasi. Pengobatannya bukan berbasis pada pengobatan alamiah.

2. Homeopathy :

a. Yin yang

Berasal dari filsafat tionghoa, berupa dua kekuatan utama yang saling berlawanan. Yin bersifat pasif, sedih gelap. Yang bersifat aktif, terang, maskulin, dan agresif. Teori Yin-Yang mengajarkan konsep keseimbangan.Yin&yang berdasarkan paganisme.Terafi yang digunakan meditasi,terafi suara mantra,terapi urin,thai chi,feng sui,obat-obatan dari biatang yang menggnakan unsur hewan.

Sistem pengobatanny tidak megenal halaldan haram.

b. Ayurveda :

diartikan sebagai ilmu kehidupan tercipta dari keseimbangan dalam diri seseorang juga ada dalam tujuan hidup, pemikiran, perasaan dan aktivitas fisik. Dalam ayurveda terdiri dari teori lima unsur yaitu(1) bumi yang mewakili benda padat melambangkan stabilitas ketepatan dan ketegaran, (2) air memberikan karakter perubahan , (3) api tenaga yang mengubah benda padat menjadi cair menjadi gas dan sebaliknya, (4) udara bentuk gas dari materi yang mudah bergerak dan dinamis, (5) eter ruang dimana segala sesuatu terjadi. Kelima unsur tadi membentuk tiga kekuatan dinamis yang disebut dosha yang berarti berubah, tridosha ini adalah

1. Fatha kekuatan yang terbentuk dari eter dan udara

2. Vitha kekuatan yang tercipta dari air dan api

3. Kapha keseimbangan konseptual antara bumi dan air

Pengobatnnya menggunnakan herbajuga madu juga tidak mengenal halal haram.

c. Thibbun Nabawi

Sangat wajar eksistensinya timbul tenggelam pengobatan cara nabi ini karenna mulai dilupakan orang. pengobatan cara nabi ini bersipat ilahiyah dan alamiahjuga fitrah dari aqidah, ibadah, muamalah. Menggunakan herbal yang alami. Terapi yang disukai yaitu madu dan bekam. Sifat herbal yaitu dari tumbuh-tumbuhan. yang probiotik yang lebih meningkatkan sistem imun. Sedangkan Bekam Adalah proses penbuangan racun darah kotor melalui permkaan kulitzat-zat,sel-sel darah yang sudah tidak berpungsi.

3. Mistis

Pengobatan ini banyak digemari orang,karene sugesti kesembunnya cepat,lebih murah. Engobatan ini menggunakan mantra-mantra dan diiming-imingiasma Allah&qur”an. Pengobatannya tidak masuk akal&melanggar sunatullahyang membawa kapada keufuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar